INFORMASI TERBARU " SEKITAR 500.000 GURU MEMASUKI MASA PENSIUN "

Asalamu'alaikum wr.wb. selamat siang dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia....
mari simak informasi terbaru dan sangat penting berikut ini.... 

Saat ini ada sekitar 500.000 guru yang akan memasuki masa pensiun. Hal itu menjadi perhatian bersama agar tidak menimbulkan masalah. Kondisi ini sudah dikomunikasikan dengan Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi salah satunya dengan pemberhentian moratorium untuk guru.



Pemerintah pusat juga akan melakukan memetakan kebutuhan guru dan persediaan yang ada sampai di level kecamatan. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan Phd sebagai keynote speaker dalam seminar nasional dengan tema ”Tata Kelola Guru untuk Meningkatkan Pendidikan Yang Memuliakan” di UNY Kampus Wates (Kulonprogo).

Seminar ini juga menghadirkan narasumber pakar pendidikan dan juga guru besar UNY Prof Suyanto PhD, Bupati Kulonprogo dr Hasto Wardoyo dan Direktur Masijidil Ilm Bani Hasyim Malang Dr Aji Dedi Mulawarman SP MSA.

Selain itu, kebutuhan guru yang bertambah juga diikuti dengan kualitas guru yang semakin meningkat. Walaupun dari hasil uji kompetensi guru (UKG) tidak ada perbedaan yang signifikan antara penerima sertifikasi dengan yang belum.

”Seharusnya untuk sudah menerima sertifikasi dapat lebih maksimal dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Bagi yang belum masih ada proses bertahap dan akan dituntaskan,” katanya.

Selain itu kebijakan anggaran di daerah belum berpihak ke bidang pendidikan. Alokasi anggaran yang ada masih di bawah 20 persen.  ”Kewenangan pendidikan ini sejak 2001 sudah menjadi kewenangan daerah. Setiap tahun pemerintah juga mengucurkan dana pendidikan kepada daerah. Hanya saja masih ada dana pendidikan yang dihitung dua kali. Saat di pusat dana ini sudah diplot untuk pendidikan. Namun di daerah justru masuk ke APBD dan kembali diberikan untuk pendidikan sekitar 20%. Akhirnya kucuran yang sampai di bawah semakin kecil,” ungkapnya.

Bupati Kulonprogo dr Hasto Wardoyo menuturkan, pemerintah daerah Kulonprogo terus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah, salah satunya dengan mendongkrak kualitas guru.  Hal ini dilakukan melalui pencapaian pemenuhan jenjang minimal pendidikan guru, pelatihan dan penyegaran bagi guru.

”Selain itu Guru juga tidak hanya cukup kompeten tapi juga profisien. Profisien adalah perpaduan  kompeten dan efisien. Dan guru tidak hanya bekerja tapi juga harus berkarya. Berkarya dengan menciptakan inovasi baru tidak monoton,” katanya.


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan....
semoga bermanfaat untuk kita semua....



loading...

Belum ada Komentar untuk "INFORMASI TERBARU " SEKITAR 500.000 GURU MEMASUKI MASA PENSIUN ""

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel