PENTING !! KETENTUAN GURU PNS TIDAK BOLEH LAGI MENGAJAR DISEKOLAH SWASTA


Assalamu'alaikum wr.wb. selamat sore dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia.....
mari simak informasi terbaru dan sangat penting berikut ini....



Kebijakan Mendikbud yang melarang guru PNS mengajar di sekolah swasta bisa menjadi titik awal pemerataan guru PNS di Kutai Kartanegara. Sebab, dari sekitar 8.000 guru PNS di Kukar, rata-rata mengajar di daerah perkotaan. Mereka menjadikan sekolah swasta sebagai pelarian untuk memenuhi jam kerja.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Kukar, HM Ridha Darmawan.
Menurut Ridha, saat ini kebutuhan guru di Kukar masih kurang sekitar 200 guru, khususnya guru di daerah pedalaman atau daerah terpencil di hulu Mahakam dan di pesisir Kukar. Sebaliknya, guru PNS di Kukar yang jam mengajarnya kurang dari 24 jam seminggu, malah mengajar di sekolah swasta untuk memehuninya.

Mengajar di sekolah swasta untuk memenuhi jam mengajarnya 24 seminggu juga dijadikan alasan guru PNS tidak mau ditempatkan di daerah terpencil.
“Ini juga karena persoalan sekolah swasta menawarkan diri. Guru PNS juga enggan ditempatkan di daerah terpencil. Di sisi lain, kita kekurangan sekitar 200 guru,” kata Ridha kepada Koran Kaltim, Minggu (22/5).

Namun, kata Ridha, Pemkab Kukar juga sudah tegas dan memberikan pilihan kepada guru PNS, apakah mau tetap menjadi guru PNS atau lebih memilih mengabdirikan diri di sekolah swasta. Sejauh ini hanya tinggal beberapa guru PNS mengajar di sekolah swasta.
“Jumlah pastinya saya nggak hapal, tapi itu sedikit. Ada guru PNS jadi kepala sekolah swasta dan lain-lainnya juga,” ungkap Ridha.

Kebijakan ini sebenarnya sudah lama dilaksanakan di Kukar seperti larangan dosen PNS mengajar di universitas swasta. Namun, kebijakan ini belum maksimal, alasannya karena saat itu banyak tenaga honorer K1 dan K2 mengajar di sekolah swasta.

Belum lagi soal guru TK yang PNS yang berjumlah 25 orang harus ditata. Meski tidak menyebut rincian nama TK tersebut, namun di Kukar baru ada tiga TK yang berstatus TK negeri.
“Guru PNS kita warning, silakan milih swasta atau negeri. Kita beri pilihan apa mau dia (Guru PNS, Red), sebab masih ada sediki guru PNS mengajar di sekolah swasta,” sebutnya.

Ia pun mendukung kebiajakan ini untuk diberlakukan. Di Kukar sendiri, kebijakan ini sudah dibahas beberapa kali oleh BKD. “Jika guru PNS kekurangan jam mengajar, harusnya mereka mengajar di sekolah negeri yang kekurangan,” tegas Ridha.

Terpisah, Kadisdik Kukar, Wiyono mengungkapkan, saat ini tidak banyak guru PNS mengajar di sekolah swasta. Meski mengaku tidak hapal jumlahnya, namun banyak guru yang mengajar di sekolah negeri ketimbang di swasta.

“Menurut saya, larangan itu untuk guru PNS yang murni mengajar di sekolah swasta. Bukan guru yang kekurangan jam mengajar 24 jam seminggu dan untuk memehuhinya maka mengajar juga di sekolah swasta,” tegasnya. 


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan....
semoga bermanfaat untuk kita semua....




loading...

Belum ada Komentar untuk "PENTING !! KETENTUAN GURU PNS TIDAK BOLEH LAGI MENGAJAR DISEKOLAH SWASTA"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel