PENTING !! INILAH LANGKAH UTAMA MENJADI GURU YANG BERWIBAWA,PROFESIONAL DAN TETAP DISAYANGI SISWA

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia...
mari simak informasi terbaru dan sangat penting berikut ini....


Seorang guru tanpa sadar memakai celana sobek. Para siswa tahu. Karena sesuatu, para siswa tak ada yang tertawa, mereka terdiam bahkan pura-pura tak tahu. Mereka tak seperti ketika teman mereka seperti itu. Mengapa?, karena siswa itu kemungkinan besar takut. Berbeda ketika seorang guru, mengalami kejadian itu di depan guru yang lain. Guru itu kemungkinan diam, tidak menertawai, karena menjaga wibawa rekannya.

Wibawa, kata yang tak asing. Biasanya dilekatkan pada seseorang, meski tak sedikit pula kata ini bergandengan dengan hal yang bersifat abstrak. Khusus bagi orang, menjadi pribadi yang berwibawa, menjadi dambaan. Namun nyatanya, tidak semua orang bisa menggapainya. Salah persepsi akan makna kewibawaan adalah salah satu penyebabnya. Kesalahan lain menganggap wibawa itu sebagai materil, sehingga salah dalam melihatnya.

Bagi seorang guru, wibawa sangat penting. Namun menggapainya tidak mudah. Beberapa hal perlu dipahami terutama hakikat kewibawaan itu sendiri.

Penampilan, pengetahuan, hak materil adalah hal yang mempengaruhi dan bisa menjadi jembatan menjadi orang berwibawa. Tapi itu bukan kewibawaan dan tidak substansial. Banyak orang berpenampilan menarik, berilmu dan bahkan didukung dengan harta dianggap tidak berwibawa.

Lantas? Sebenarnya menggapai kewibawaan bagi penulis, gampang-gampang susah. Ada tiga poin yang penulis jadikan konsep menggapai kewibawaan :

Pertama, pengenalan diri. Konsep ini sifatnya universal, mulai dari kedudukan manusia sebagai hamba, khalifah, dan makhluk sosial. Pengenalan diri ini kemudian akan berdampak akan penempatan sesuatu pada tempatnya. Pribadi berpengetahuan, harus mengimbangi penempatan pengetahuannya pada ranah kemanusiaannya. Seterusnya termasuk penampilan dan hak materilnya.

Seorang guru terkadang over profile dan menempatkan penampilan menarik pada semua kondisi, akan membuat kewibawaan itu menjauh. Begitupula ketika menumpahkan pengetahuannya tanpa saring pada semua kondisi.

Kedua, penghargaan terhadap sesama. Jiwa kebersamaan dan melihat konsep perbedaan sebagai sesuatu yang mutlak, menjadi modal meraih kewibawaan. Sempurna bagi kita belum tentu sempurna bagi orang lain.

Seorang guru rawan bertindak semau gue, dengan modal sementara yang dimilikinya. Perbedaan menjadi asing ketika menjadi sosok berdiri di depan siswa-siswinya. Terkadang ini pun penting, namun tak perlu sering, sebelum kewibawaan itu mengucapakan selamat tinggal.

Ketiga, berperilaku rasional. Kewibawaan terkait dengan tatanan pikir yang kompleks. Olehnya, rasionallah yang paling bisa diterima dan dimaknai. Rasional yang penulis maksud tidak terbatas pada gagasan dan hal detil lain. Karena terkadang, akibat kewibawaan seseorang, hal tak rasional pun bisa menjadi rasional.

Sumber : http://www.mushlihin.com/

Demikian yang dapat saya berikan untuk rekan-rekan guru semua...
semoga bermanfaat , silahkan baca berita terbaru lainya DISINI

loading...

Belum ada Komentar untuk "PENTING !! INILAH LANGKAH UTAMA MENJADI GURU YANG BERWIBAWA,PROFESIONAL DAN TETAP DISAYANGI SISWA"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel