TENKIK BERHITUNG SEDERHANA SEPERTI MENULIS SESUAI DENGAN CARA KERJA OTAK

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat malam dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia....
mari simak informasi terbaru dan sangat penting berikut ini tentang pemahaman teknik terbaru berhitung yang sangat mudah dan sederhana ......



BERHITUNG SEPERTI MENULIS  : “Berhitung Seperti Menulis” merupakan penggabungan dari beberapa metode belajar berhitung seperti  System Trancerberg di tambah Ilmu berhitung cepat (Speed Math karya Athur Benyamin, Mental Aritmatich perhitungan dengan sistem vedic) yang semuanya menggunakan system perhitungan dari depan (kiri ke kanan). 

Saya mengkombinasikan model- model perhitungan yang mereka lakukan dan disesuaikan dengan cara kerja otak dan fungsi otak dalam berhitung. Sehingga di dapat metode pengajaran berhitung yang lebih mudah dicerna dan dipahami baik oleh anak maupun guru dan orang tua didalam yang mendampingi siswa belajar dan kami menyebutnya metode “Berhitung seperti Menulis”

BERHITUNG SESUAI CARA KERJA OTAK
Mencongak pelajaran berhitung pada anak adalah suatu cara yang harus dilakukan guru kepada siswa yang bertujuan melatih mereka agar mahir dalam berhitung. Metode berhitung dengan sistem ini harus sering dilakukan terutama bagi siswa yang belum hapal penjumlahan dan perkalian satu digit.

Siswa kelas 1 diharapkan mampu penjumlahan 1-20 sebelum naik kelas 2, dan siswa kelas 2 diharapkan mampu perkalian 1 digit sebelum naik ke kelas 3. Semua cara dan metode harus di lakukan dengan harapan mereka tidak akan menemui kesulitan pada tingkat pelajaran berhitung selanjutnya, Perlu kita ketahui Siswa belajar berhitung pada tingkat sekolah dasar pada kelas 1 s/d kelas 3 dimana mereka belajar menjumlah, mengurang, mengkali dan membagi sedangkan pada tingkatan selajutnya mereka akan lebih banyak mendapatkan pembelajaran matematika. (Matematika dan berhitung adalah suatu hal yang berbeda, Tapi untuk mampu belajar matematika siswa harus dapat berhitung)

Oleh sebab itu diharapkan guru mampu mempersiapkan secara matang keahlian berhitung siswa sebelum mempelajari matematika.

Mencongak adalah suatu cara yang baik dan dapat kita lakukan dalam melihat dan memantau kemampuan siswa dalam berhitung. Hanya saja kita perlukan batasan mana dalam pelajaran berhitung yang harus kita berikan. Untuk penjumlahan dan perkalian satu digit ini adalah salah satu cara efektif untuk mengajarkan hal tersebut tapi jika sudah melibatkan 2 angka atau lebih anak akan menemui kesulitan dalam berhitung.

Coba kita kaji kembali berapa hasil dari dengan menghitung dari belakang 567 + 789 =……..

bukankah kita sudah mengajarkan anak untuk mencabangkan hasil dari penjumlahan 7+9 = 16 dengan menuliskan angka 6 dan 1 untuk di simpan. (masih ingatkah akan istilah 6 di jari satu di otak). Tentunya cara tersebut tidak sesuai dengan cara kerja otak dalam berhitung bukan ?????

Oleh sebab itu saya mengharapkan jangan di paksakan siswa berhitung yang tidak sesuai dengan cara kerja otak mereka.

Jika perhitungan sudah melibatkan 2 digit atau lebih sebaiknya dituliskan saja.

-berikut gambar yang berisikan cara mengajarkan penjumlahan dan perkalian menggunakan Metode "BERHITUNG SEPERTI MENULIS"
NB. perhatikan alenia, warna dan bulatan dari setiap jawaban.
+

x

Berhitung dari belakang (kanan ke kiri) adalah suatu cara berhitung yang tidak tepat.

Mungkin teman teman protes dengan pernyataan tersebut. TIDAK TEPAT jika dipandang dari cara kerja dan fungsi otak dalam berhitung. (Baca Fungsi dan cara kerja otak). Otak dalam berhitung hanya dapat menerima satu instruksi dalam satu waktu.

Perhitungkan dari belakang selalu menyertakan 2 instruksi atau lebih secara simultan kepada otak kita. Silahkan teman teman teliti kembali itulah yg menyebabkan kita membutuhkan waktu yang lama untuk berhitung.

Kesulitan berhitung akan membawa pengaruh bagi kemampuan siswa dalam pelajaran matematika, karena syarat untuk belajar matematika siswa harus mampu berhitung. Akibatnya kemampuan berhitung yang lemah jadilah matematika ilmu yg sulit dan menyebalkan bagi sebagian besar siswa.

Mari kita ubah cara berhitung kita.Sesuaikan cara berhitung kita dengan cara kerja otak dalam berhitung.


Demikian yang dapat saya berikan....
semoga bermanfaat untuk rekan-rekan guru semua, baca berita terbaru guru DISINI
loading...

Belum ada Komentar untuk "TENKIK BERHITUNG SEDERHANA SEPERTI MENULIS SESUAI DENGAN CARA KERJA OTAK"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel