Syukur alhamdulillah,Kemendikbud akan tanda tangani dan Terbitkan Peraturan Terbaru Jam Mengajar Guru

Assalamu'alaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia...
mari simak informasi terbaru dan sangat penting sekaligus kabar gembira untuk rekan-rekan guru semua....

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan pihaknya sedang mengkaji peraturan yang membahas mengenai jam mengajar guru selama sepekan.



"Bulan depan akan saya tandatangani peraturannya. Melalui peraturan ini, guru tak harus ke sana ke mari dalam mencapai jumlah jam mengajar selama sepekan," ujar Mendikbud usai pembukaan Porseni PGRI di Siak, Riau, Senin. 

Selama ini, guru kelimpungan dalam mencapai jumlah jam mengajar selama sepekan yakni 24 jam. Sebagian guru memilih untuk mengajar di tempat lain, agar mencapai jumlah jam tersebut. Pencapaian tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan profesi. 

"Jadi nanti akan ada ekuivalensinya atau penyetaraan. Bukan pengurangan jam mengajar, tapi penyetaraan agar guru tak ke sana ke mari mencari tambahan jam mengajar." 

Hal itu, lanjut Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut, amat mengganggu karena guru tidak berada di sekolah. 

Oleh karena itu pihaknya berupaya mencari cara lain yakni dengan penyetaraan tersebut.

"Bentuk penyetaraannya bisa melalui pembimbingan perorangan ataupun ko-kurikuler yang akan kami bikin," cetus dia. 

Plt Ketua Umum PGRI, Unifah Rosyidi, mengatakan pihaknya menyambut baik pembenahaan tata kelola guru. 

"Selama ini guru dipenuhi dengan aturan administrasi yang jauh dari bersinggungan dengan peningkatan mutu guru dan peserta didik, serta jauh dari tujuan utama memuliakan guru," kata Unifah. 

Menurut Unifah, sejatinya guru hadir di sekolah dari Senin hingga Sabtu, waktunya tidak terbatas 24 jam. Bahkan ketika guru sampai di rumah pun, tugas merencanakan dan mengevaluasi peserta didik menjadi bagian keseharian guru. 

"Jam kerja guru tiada terbatas," cetus Unifah.

”Dengan 24 jam mengajar per minggu guru sangat terbebani. Guru tidak hanya di kelas, tapi harus mengurusi beberapa rombongan belajar (Rombel), memberesi urusan administrasi dan pemutakhirkan data pokok pendidikan (Dapodik),” ujarnya.

Unifah menyatakan, peraturan baru tersebut akan mengubah cara mengajar guru. Guru akan lebih fokus pada perkembangan individu siswa. Selain itu, guru juga mengajar lebih logis dan kritis. ”Pada kondisi itu, guru bisa menjadi komunikator yang baik,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan, perubahan peraturan kewajiban 24 jam mengajar bagi guru menyebabkan guru hanya berlomba-lomba mengajar di berbagai sekolah. Tunjangan profesi guru, menurut Muhadjir hanya dijadikan materi dan bukan panggilan jiwa.


Demikian informasi terbaru yang dapat saya berikan...
silahkan baca berita terbaru guru DISINI
loading...

Belum ada Komentar untuk "Syukur alhamdulillah,Kemendikbud akan tanda tangani dan Terbitkan Peraturan Terbaru Jam Mengajar Guru"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel