[Fakta atau Hoaks] Benarkah Mendikbud Nadiem Makarim Ingin Pangkas Waktu Pendidikan SD, SMP, dan SMA?

TRIBUNMEDIA.MY.ID _ Gagasan Nadiem Makarim (Mendikbud) ingin memangkas jumlah tahun pendidikan SD, SMP & SMA. Demi percepatan dan kualitas SDM Bangsa ini sesuai reformasi industri di era 4.0 ini. Untuk SD dari 6 th menjadi 4 th. SMP & SMA akan jadi 2 th. Agar menyesuaikan umur ketika melanjutkan kuliah sampai sarjana S1, S2, S3. Saya inginnya Umur 18 th sudah selesai S3. Saya tau ini akan jadi pro kontra. Makanya kita akan bicarakan secara nasional."

Akun Buku Generasi Biru juga memberikan narasi dalam unggahannya: "Terobosan ide 'gila' Mendikbud. Nadiem Makarim yg ingin memperlakukan lama sekolah dari SD, SMP, SMA jadi singkat. SD 4 th, SMP 2 th, SMA 2 th. Kalo Mimin sih setuju2 aja. Biar masih lulusannya umur relatif masih Muda banget."


Sebenarnya, konteks artikel Johanis itu adalah sebagai gagasan dan harapan agar Mendikbud Nadiem Makarim bisa mengubah pendidikan di Indonesia. Itu pula yang tercermin dalam judul artikel itu, "Ide 'Gila' Buat Mendikbud Nadiem Makarim".

Beredar sebuah foto di Instagram disertai narasi yang menyebutkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, ingin memangkas waktu pendidikan SD, SMP, dan SMA.

Faktanya, dilansir daricekfakta.tempo.com, Mendikbud Nadiem Makarim tidak pernah melontarkan gagasan untuk memangkas waktu pendidikan SD, SMP, dan SMA. Gagasan itu merupakan gagasan Johanis Malingkas dalam artikelnya yang dimuat di Kompasiana pada 19 November 2019 berjudul "Ide 'Gila' Buat Mendikbud Nadiem Makarim". Dengan demikian, narasi dalam gambar unggahan Instagram tersebut merupakan narasi yang keliru.

Sumber :www.kominfo.go.id

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW. TRIBUNMEDIA.MY.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "[Fakta atau Hoaks] Benarkah Mendikbud Nadiem Makarim Ingin Pangkas Waktu Pendidikan SD, SMP, dan SMA?"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel