5 Syarat Mengajukan KIP Kuliah 2020, Berikut Link Daftar PTN Penerima Kartu Indonesia Pintar

TRIBUNMEDIA.MY.ID_Pemerintah memberikan bantuan biaya pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Melansir laman resmi Kemendikbud, KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Pendaftaran KIP-Kuliah bisa dilakukan secara online untuk memberikan keleluasaan akses terhadap pendaftaran di seluruh negeri.


Sebelum menentukan jurusan dan perguruan tinggi pilihan, berikut syarat mengajukan KIP Kuliah 2020 yang perlu dipahami.

Cakupan KIP Kuliah

1. Pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya.

2. KIP Kuliah membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi.

3. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar KIP Kuliah yang ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

4. Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi.

5. Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000/ bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah.

Syarat KIP Kuliah

1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.


3. Dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

4. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

5. Dalam hal mahasiswa belum memiliki Kartu Indonesia Pintar atau orang tua/wali Mahasiswa belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dapat diberikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

PTN penerima KIP Kuliah

Untuk bisa merasakan manfaat KIP Kuliah, calon mahasiswa harus lebih dulu diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Selain itu, PTN maupun PTS tersebut juga harus masuk dalam daftar penerima KIP Kuliah.

Untuk mengetahui perguruan tinggi mana saja yang menerima KIP Kuliah, siswa dapat melihatnya melalui link http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Mengacu pada laman resmi Kemendikbud, jadwal pendaftaran dan kegiatan KIP Kuliah 2020 akan segera diumumkan.

Siswa diminta untuk mengikuti perkembangannya dapat dilihat pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.


Kemendikbud menekankan jadwal dapat berubah sewaktu-waktu dan semua perubahan akan diumumkan melalui laman tersebut.

Untuk info lebih lengkap tentang syarat hingga pendaftaran, siswa dapat mengakses link http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/panduan.

Sumber : tribunnews.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.TRIBUNMEDIA.MY.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "5 Syarat Mengajukan KIP Kuliah 2020, Berikut Link Daftar PTN Penerima Kartu Indonesia Pintar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel