Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka 21 Februari, mekanisme pendaftaran

TRIBUNMEDIA.MY.ID_Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan bahwa pendaftaran Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) akan dimulai pada tanggal 21 Februari 2020. Hal ini menjawab kegelisahan para calon mahasiswa dengan digantinya Beasiswa bidikmisi dengan KIP-Kuliah.

Dijelaskan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbud, Paristiyanti Nurwardani, sesuai rencana KIP-Kuliah akan mulai diluncurkan pada tanggal 21 Februari. Kemudian, KIP-Kuliah tersebut akan diperuntukan bagi lebih 400 ribu calon mahasiswa baru. 


"Dulu bidikmisi itu diperuntukan unyuk 130 ribuan calon mahasiswa. Nah, sekarang KIP-Kuliah akan diperuntukan lebih 400 ribu calon mahasiswa baru," jelas Paristiyanti saat ditemui di Universitas Sahid, Jakarta.

Paristiyanti mengatakan, pendaftaran KIP- Kuliah tetap akan dilaksanakan meskipun Peraturan Mendikbud (Permendikbud) yang mendasari peraturan belum di keluarkan. Namun, dirinya mengatakan Permendikbud tersebut sebentar lagi akan diumumkan.

"Membuat Permendikbud kan bukan kayak bikin surat. Namanya peraturan, harus dikaji. Ini kami kerjasama dengan Kemenkumham agak lebih ngebut menyelesaikan Permendikbud KIP-Kuliah. Saya yakin tidak lama lagi, Kemekuham yang selama ini juga sangat membantu," ujar Paristiyanti.

Selanjutnya, Paristiyanti memastikan semua mahasiswa bisa mendaftar untuk mendapatkan KIP-Kuliah. Selain itu, jika calon mahasiswa diterima perguruan tinggi, maka akan mendapatkan prioritas dalam mendapatkan KIP-Kuliah.

"Yang tidak punya KIP pasti boleh daftar. Yang punya Kartu Keluarga Sejahatera juga berhak mendaftar KIP-Kuliah. Asal, dengan dokumen yang valid. Kemudia kan itu akan di validasi oleh perguruan tinggi, apa memang betul kurang mampu," pungkas Paristiyanti.

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.TRIBUNMEDIA.MY.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka 21 Februari, mekanisme pendaftaran"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel