Ajak RT/RW Sosiasisasi Covid-19, Doni Monardo: Kalau Warga Tidak Nurut Bisa Tidak Dikasih Izin Administrasi

Tribunmedia.my.id_Tokoh masyarakat, agama, adat, RT hingga RW diminta turut ambil bagian membantu pemerintah menertibkan dan mendisiplinkan warga untuk menjaga jarak fisik (physical distancing). 

Pasalnya, peningkatan kedisiplinan warga mulai ruang lingkup terkecil yakni RT/RW akan lebih efektif mendisiplinkan warga. 


Begitu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI melalui telekonferensi.

"Tingkat kepatuhan publik yang rendah. Ini pelan-pelan kita harapkan semakin baik. Tentunya, pelibatan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat disemua lapisan termasuk ke tingkat paling rendah RT RW," kata Doni Monardo. 

Purnawirawan TNI Angkatan Darat ini menilai akan lebih efektif RT hingga RW ketika turun tangan ketimbang aparat yang bertugas menertibkan masyarakat untuk tidak keluar rumah dan menjaga jarak.  

"Beberapa daerah kami saksikan ada video-video yang beredar, ketika ketua RT-nya menegakan aturan tentang social distancing ada yang tidak menurut, ketua RT-nya marah, ini justru lebih efektif dibanding aparat yang marah," katanya. 

Lebih lanjut, Doni Monardo yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini mendorong RT RW untuk proaktif bersama pemerintah dalam melawan Covid-19 di tengah masyarakat. "Kenapa? Ketua RT/RW ini kenal betul warganya, tau betul satu sama lain. Sehingga ketika gak ada yg tidak mau menurut dengan ketua RT, bisa-bisa nanti izin-izin yang berhubungan administrasi tidak dikasih," pungkasnya.

Sumber : rmol.id

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Ajak RT/RW Sosiasisasi Covid-19, Doni Monardo: Kalau Warga Tidak Nurut Bisa Tidak Dikasih Izin Administrasi"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel